Senin, 12 September 2011

Universitas Pakuan


Woww...hmm, ternyata sudah lama sekali pril tidak mengisi blog tercinta ini,hehe
Berhubung masih suasana lebaran jadi minal aidzin iaa semua.. sedih bgt klo inget dosa yg menumpuk bgt,, tapi Allah maha pengasih dan penyayang jadi mudah2n semua dosa2 kita di ampuni oleh Nya,,, aminnnnnn 
Uokeh kali ini pril mau nyeritain kampus tercinta,hehehe .Tahun kemarin pril jadi mahasiswa baru disana, tapi sekarang udah semester 3 dong, giliran ngegencet adik kelas whahahahaha engak ding bercanda,, masa wanita polos begini tukang gencet adik kelas sih, heueheu.
Buat semua adik2 kelas tersayang yang baru lulus sma, nah,,kalian bisa dapet info soal kampus terbaik menurut pril ini hehehe..
Universitas Pakuan, adalah perguruan tinggi swasta di BogorIndonesia, yang berdiri pada tahun 1980Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd..

Riwayat Singkat

Fakultas

Universitas Pakuan berdiri pada tanggal 1 November 1980 dengan Surat Keputusan No: Skep-27/YKS/VIII-A/10/1980, dalam naungan Yayasan Pakuan Siliwangi. Kampus UNPAK berlokasi di Jl. Pakuan PO Box 452, Bogor. Pada tahun akademik 2009/2010 ini, secara keseluruhan UNPAK menawarkan 31 program studi. Sejak tahun 2008 Rektor Universitas Pakuan adalah Dr. Bibin Rubini, M.Pd.
Universitas Pakuan memiliki 6 fakultas, yaitu:
  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas Sastra
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pakuan juga memiliki program D3 (Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Teknik Komputer, Manajemen Informatika), Program S2 (Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum, Biologi, Ilmu Manajemen). Serta Program S3 Manajemen Pendidikan.
Pilihan Program Studi dapat di lihat pada http://www.unpak.ac.id/pilihan-program-studi

Lahan dan Bangunan

UNPAK menempati lokasi di Jalan Pakuan, Bogor dengan luas 3,5 ha. Fasilitas di lokasi ini meliputi: Gedung Rektorat, Program Pascasarjana, Perpustakaan Pusat; sembilan gedung fakultas, Gedung Pusat Penjaminan Mutu (PPM), gedung Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP), Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM), serta Lembaga Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LP2AI); gedung Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Biro Administrasi Umum (BAUM); auditorium, Laboratorium Komputer, mesjid, kantin dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Lokasi kampus II UNPAK ditempati gedung Fakultas Teknik, rumah kaca, serta kebun dan kandang percobaan. UNPAK juga memiliki lahan di Cijujung, Kabupaten Bogor seluas 10,8 ha yang diperuntukan bagi perumahan dosen dan karyawan, pengembangan kampus, rumah kaca dan sarana latihan kegiatan mahasiswa. Lokasi kampus III UNPAK terletak di Ciangsana sekitar 25 km arah Timur Laut kota Bogor ditempati oleh Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Kampus ini hasil kerjasama dengan Institut Semen dan Beton Indonesia.

Sarana Pembelajaran

Sarana pembelajaran berupa peralatan mengajar, peralatan laboratorium, bengkel/workshop, serta perlengkapan seminar/sidang, tersedia di setiap fakultas. Pengadaan kelengkapan laboratorium berasal dari dana internal maupun hibah dari lembaga dalam dan luar negeri, misalnya Latter Day Saint Charities-Amerika dan Larenstein University-Belanda.
Perpustakaan Pusat UNPAK memiliki koleksi 50841 judul pustaka yang meliputi 30738 judul buku, 10.052 judul skripsi, 80 judul thesis, 10 judul disertasi dan 162 laporan penelitian serta buku - buku akademik lainya.


Sumber Daya Manusia

Pada tahun 2009, UNPAK memiliki 632 dosen (274 dosen tetap dan 358 dosen tidak tetap) yang melayani 15.000 mahasiswa aktif. Rasio dosen dan mahasiswa UNPAK adalah 1:18. Sebanyak 22% dosen menjabat Asisten Ahli, 48% Lektor, 26% Lektor Kepala dan 4% Guru Besar. Berdasarkan strata pendidikannya, terdapat 20% S1, 62% S2 dan 18% S3. Selain dosen, UNPAK memiliki 264 orang tenaga pendukung yang melaksanakan tugas sebagai tenaga administrasi, laboran, teknisi, operator komputer dan pelaksana umum.

SEJARAH UNPAK

Universitas Pakuan (Unpak) merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor (Unbo) yang berkiprah selama hampir dua dekade sampai dengan tahun 1980. Beberapa perguruan tinggi swasta pada tahun 1977 berfusi dengan universitas ini yaitu Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, Akademi Sekretaris Manajemen Internasional dan Akademi Ilmu Agama Islam dengan badan penyelenggara Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB).

Tanggal 1 November 1980, Universitas Bogor secara resmi berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah Yayasan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS-PUP), yayasan baru yang dibentuk oleh Yayasan Kartika Siliwangi sebagai pengganti YPTB seperti tersurat dalam Surat Keputusan No. Skep/27/YKS/VIII-A/10/1980. Perubahan nama ini disahkan oleh Notaris Mohamad Adam, S.H.  

Tahun 1980 Unpak memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Satu tahun kemudian dibuka Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Program Diploma 1 Teknik Survei Lahan dan Pemetaan; pada saat itu ada 14 (empat belas) jurusan. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 00330/0/1984, jumlah jurusan di lingkungan Unpak mengalami perubahan, dan menjadi 21 (dua puluh satu) jurusan pada tahun 1997. 

Berdasarkan keputusan rapat Badan Pengurus YKS-PUP tanggal 23 Oktober 2002 yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Ny. Supiah Nurbaiti, S.H. No. 6 tanggal 2 November 2002, YKS-PUP berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS). Yayasan baru ini telah melepaskan diri dari hubungan organisatoris dengan Yayasan Kartika Siliwangi di Bandung. 

Pada tahun 2007 ini telah diperbaharuinya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi di lingkungan Universitas Pakuan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebanyak 24 Program Studi, sehingga 100 % Program Studi di Universitas Pakuan telah memiliki ijin operasional. 

Tahun yang sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkannya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Baru yaitu program studi Manajemen (S2), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3). Pada tahun 2008 Fakultas Sastra membuka Program Studi baru yaitu Ilmu Komunikasi (S1). Hingga saat ini Universitas Pakuan memiliki Program Pascasarjana (S2) dengan 4 (empat) Program Studi yaitu Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum dan Magister Manajemen. Program Sarjana (S1) dan Program Diploma III (D3) yang tergabung dalam 6 (enam) fakultas yaitu : Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra, Teknik dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

VISI DAN MISI

Visi UNPAK yaitu  ”Unggul, Mandiri dan Berkarakter”  (" Excellent, Autonomous, and Strong character University").
Adapun misi yang diemban adalah:


   1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mandiri.
   2. Menyajikan program pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan seni yang bermutu.
   3. Membina sumberdaya manusia yang mengenali jati dirinya.
   4. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak, beriman dan patriotik.
   5. Mengabdi kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Tujuan pendidikan UNPAK, yaitu sebagai berikut: 


   1. Membentuk manusia pembangunan yang bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dan berjiwa Pancasila, penuh pengabdian, berdedikasi serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar terhadap hari depan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. 
   2. Mempersiapkan tenaga-tenaga ahli yang cakap, terampil, berkualitas, dan secara mandiri mampu mengemban tugas-tugas yang memerlukan        hasil pendidikan tinggi.
   3. Melakukan penelitian dalam lapangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta pengabdian kepada masyarakat.
   4. Menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia yang berpegang kepada motto “Bhineka Tunggal Ika” demi kepentingan generasi mendatang dan mempertahankan identitas nasional.


LAMBANG






Lambang






LAMBANG UNIVERSITAS PAKUAN




Lambang Universitas Pakuan berbentuk segi lima beraturan hampir bulat yang di dalamnya tergambar :




1.Piramida beraturan atau meru berwarna hijau yang melambangkan orientasi kejiwaan kepada “Yang Maha Tinggi”.g
2.Seuntai bunga tanjung berwarna putih terdiri atas 11 kuntum bunga yang terletak di atas meru, menunjukkan bulan berdirinya Universitas Pakuan yaitu bulan Nopember.
3.Untaian bunga tanjung tersebut dimahkotai sekuntum bunga tanjung yang menunjukkan tanggal berdirinya Universitas Pakuan yaitu tanggal 1 (satu).
4.Tanjung mempunyai arti “selalu maju” yang melambangkan cita-cita agar semua unsur sivitas Akademika dan alumni dapat mengharumkan nama Universitas Pakuan.
5.Dua tangkai daun paku berwarna hijau, masing-masing tangkai terdiri atas sepuluh helai daun paku, sebelah kanan dan kiri meru, kedua pangkalnya disatukan dan diikat empat belit pita putih.
6.Kedua tangkai daun paku tersebut melambangkan kehidupan lahir batin..
7.Dua tangkai daun paku masing-masing terdiri atas sepuluh helai daun paku dan empat belit pita putih menunjukkan tahun berdirinya Universitas Pakuan yaitu : 2 x 10 x 4 = 80 , representasi dari tahun 1980.
8.Pita putih mengikat kedua pangkal tangkai daun paku melambangkan ikatan yang suci antara semua sivitas akademika.
9.Huruf-huruf UNIVERSITAS PAKUAN yang mengelilingi motif lambang merupakan identitas pemilik lambang.
10.Dua kuntum roseta putih sebagai pelengkap huruf yang melingkar, yang memilki empat helai daun bunga melambangkan bahwa pada tahap permulaan Universitas Pakuan mempunyai empat fakultas.
11.Perisai segi lima beraturan yang hampir bulat sebagai bentuk dasar lambang melambangkan alat mempertahankan diri dan alat perjuangan harga diri, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bangsanya menganut falsafah hidup Pancasila.
12.Lambang Universitas ini mempergunakan tiga warna yang melambangkan dasar kegiatan di Perguruan Tinggi yaitu Tri Dharma, masing-masing warna tersebut adalah :
     -Warna kuning melambangkan ilmu pengetahuan, intelegensia, kebijakan dan keangungan.
     -Warna hijau melambangkan harapan hidup sejahtera dan kehidupan yang diidentikkan dengan keadaan lingkungan, kesuburan serta warna alam Bogor dan Jawa Barat.
     -Warna putih melambangkan kesucian hati yang bersih, dan pikiran yang jernih












Segitu aja kali iaa, mau tau lebih banyak tinggal klik aja link Pakuan di atas n slamat bergabung di keluarga besar UNPAK ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Senin, 12 September 2011

Universitas Pakuan


Woww...hmm, ternyata sudah lama sekali pril tidak mengisi blog tercinta ini,hehe
Berhubung masih suasana lebaran jadi minal aidzin iaa semua.. sedih bgt klo inget dosa yg menumpuk bgt,, tapi Allah maha pengasih dan penyayang jadi mudah2n semua dosa2 kita di ampuni oleh Nya,,, aminnnnnn 
Uokeh kali ini pril mau nyeritain kampus tercinta,hehehe .Tahun kemarin pril jadi mahasiswa baru disana, tapi sekarang udah semester 3 dong, giliran ngegencet adik kelas whahahahaha engak ding bercanda,, masa wanita polos begini tukang gencet adik kelas sih, heueheu.
Buat semua adik2 kelas tersayang yang baru lulus sma, nah,,kalian bisa dapet info soal kampus terbaik menurut pril ini hehehe..
Universitas Pakuan, adalah perguruan tinggi swasta di BogorIndonesia, yang berdiri pada tahun 1980Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd..

Riwayat Singkat

Fakultas

Universitas Pakuan berdiri pada tanggal 1 November 1980 dengan Surat Keputusan No: Skep-27/YKS/VIII-A/10/1980, dalam naungan Yayasan Pakuan Siliwangi. Kampus UNPAK berlokasi di Jl. Pakuan PO Box 452, Bogor. Pada tahun akademik 2009/2010 ini, secara keseluruhan UNPAK menawarkan 31 program studi. Sejak tahun 2008 Rektor Universitas Pakuan adalah Dr. Bibin Rubini, M.Pd.
Universitas Pakuan memiliki 6 fakultas, yaitu:
  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas Sastra
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pakuan juga memiliki program D3 (Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Teknik Komputer, Manajemen Informatika), Program S2 (Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum, Biologi, Ilmu Manajemen). Serta Program S3 Manajemen Pendidikan.
Pilihan Program Studi dapat di lihat pada http://www.unpak.ac.id/pilihan-program-studi

Lahan dan Bangunan

UNPAK menempati lokasi di Jalan Pakuan, Bogor dengan luas 3,5 ha. Fasilitas di lokasi ini meliputi: Gedung Rektorat, Program Pascasarjana, Perpustakaan Pusat; sembilan gedung fakultas, Gedung Pusat Penjaminan Mutu (PPM), gedung Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP), Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM), serta Lembaga Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LP2AI); gedung Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Biro Administrasi Umum (BAUM); auditorium, Laboratorium Komputer, mesjid, kantin dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Lokasi kampus II UNPAK ditempati gedung Fakultas Teknik, rumah kaca, serta kebun dan kandang percobaan. UNPAK juga memiliki lahan di Cijujung, Kabupaten Bogor seluas 10,8 ha yang diperuntukan bagi perumahan dosen dan karyawan, pengembangan kampus, rumah kaca dan sarana latihan kegiatan mahasiswa. Lokasi kampus III UNPAK terletak di Ciangsana sekitar 25 km arah Timur Laut kota Bogor ditempati oleh Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Kampus ini hasil kerjasama dengan Institut Semen dan Beton Indonesia.

Sarana Pembelajaran

Sarana pembelajaran berupa peralatan mengajar, peralatan laboratorium, bengkel/workshop, serta perlengkapan seminar/sidang, tersedia di setiap fakultas. Pengadaan kelengkapan laboratorium berasal dari dana internal maupun hibah dari lembaga dalam dan luar negeri, misalnya Latter Day Saint Charities-Amerika dan Larenstein University-Belanda.
Perpustakaan Pusat UNPAK memiliki koleksi 50841 judul pustaka yang meliputi 30738 judul buku, 10.052 judul skripsi, 80 judul thesis, 10 judul disertasi dan 162 laporan penelitian serta buku - buku akademik lainya.


Sumber Daya Manusia

Pada tahun 2009, UNPAK memiliki 632 dosen (274 dosen tetap dan 358 dosen tidak tetap) yang melayani 15.000 mahasiswa aktif. Rasio dosen dan mahasiswa UNPAK adalah 1:18. Sebanyak 22% dosen menjabat Asisten Ahli, 48% Lektor, 26% Lektor Kepala dan 4% Guru Besar. Berdasarkan strata pendidikannya, terdapat 20% S1, 62% S2 dan 18% S3. Selain dosen, UNPAK memiliki 264 orang tenaga pendukung yang melaksanakan tugas sebagai tenaga administrasi, laboran, teknisi, operator komputer dan pelaksana umum.

SEJARAH UNPAK

Universitas Pakuan (Unpak) merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor (Unbo) yang berkiprah selama hampir dua dekade sampai dengan tahun 1980. Beberapa perguruan tinggi swasta pada tahun 1977 berfusi dengan universitas ini yaitu Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, Akademi Sekretaris Manajemen Internasional dan Akademi Ilmu Agama Islam dengan badan penyelenggara Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB).

Tanggal 1 November 1980, Universitas Bogor secara resmi berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah Yayasan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS-PUP), yayasan baru yang dibentuk oleh Yayasan Kartika Siliwangi sebagai pengganti YPTB seperti tersurat dalam Surat Keputusan No. Skep/27/YKS/VIII-A/10/1980. Perubahan nama ini disahkan oleh Notaris Mohamad Adam, S.H.  

Tahun 1980 Unpak memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Satu tahun kemudian dibuka Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Program Diploma 1 Teknik Survei Lahan dan Pemetaan; pada saat itu ada 14 (empat belas) jurusan. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 00330/0/1984, jumlah jurusan di lingkungan Unpak mengalami perubahan, dan menjadi 21 (dua puluh satu) jurusan pada tahun 1997. 

Berdasarkan keputusan rapat Badan Pengurus YKS-PUP tanggal 23 Oktober 2002 yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Ny. Supiah Nurbaiti, S.H. No. 6 tanggal 2 November 2002, YKS-PUP berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS). Yayasan baru ini telah melepaskan diri dari hubungan organisatoris dengan Yayasan Kartika Siliwangi di Bandung. 

Pada tahun 2007 ini telah diperbaharuinya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi di lingkungan Universitas Pakuan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebanyak 24 Program Studi, sehingga 100 % Program Studi di Universitas Pakuan telah memiliki ijin operasional. 

Tahun yang sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkannya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Baru yaitu program studi Manajemen (S2), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3). Pada tahun 2008 Fakultas Sastra membuka Program Studi baru yaitu Ilmu Komunikasi (S1). Hingga saat ini Universitas Pakuan memiliki Program Pascasarjana (S2) dengan 4 (empat) Program Studi yaitu Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum dan Magister Manajemen. Program Sarjana (S1) dan Program Diploma III (D3) yang tergabung dalam 6 (enam) fakultas yaitu : Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra, Teknik dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

VISI DAN MISI

Visi UNPAK yaitu  ”Unggul, Mandiri dan Berkarakter”  (" Excellent, Autonomous, and Strong character University").
Adapun misi yang diemban adalah:


   1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mandiri.
   2. Menyajikan program pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan seni yang bermutu.
   3. Membina sumberdaya manusia yang mengenali jati dirinya.
   4. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak, beriman dan patriotik.
   5. Mengabdi kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Tujuan pendidikan UNPAK, yaitu sebagai berikut: 


   1. Membentuk manusia pembangunan yang bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dan berjiwa Pancasila, penuh pengabdian, berdedikasi serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar terhadap hari depan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. 
   2. Mempersiapkan tenaga-tenaga ahli yang cakap, terampil, berkualitas, dan secara mandiri mampu mengemban tugas-tugas yang memerlukan        hasil pendidikan tinggi.
   3. Melakukan penelitian dalam lapangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta pengabdian kepada masyarakat.
   4. Menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia yang berpegang kepada motto “Bhineka Tunggal Ika” demi kepentingan generasi mendatang dan mempertahankan identitas nasional.


LAMBANG






Lambang






LAMBANG UNIVERSITAS PAKUAN




Lambang Universitas Pakuan berbentuk segi lima beraturan hampir bulat yang di dalamnya tergambar :




1.Piramida beraturan atau meru berwarna hijau yang melambangkan orientasi kejiwaan kepada “Yang Maha Tinggi”.g
2.Seuntai bunga tanjung berwarna putih terdiri atas 11 kuntum bunga yang terletak di atas meru, menunjukkan bulan berdirinya Universitas Pakuan yaitu bulan Nopember.
3.Untaian bunga tanjung tersebut dimahkotai sekuntum bunga tanjung yang menunjukkan tanggal berdirinya Universitas Pakuan yaitu tanggal 1 (satu).
4.Tanjung mempunyai arti “selalu maju” yang melambangkan cita-cita agar semua unsur sivitas Akademika dan alumni dapat mengharumkan nama Universitas Pakuan.
5.Dua tangkai daun paku berwarna hijau, masing-masing tangkai terdiri atas sepuluh helai daun paku, sebelah kanan dan kiri meru, kedua pangkalnya disatukan dan diikat empat belit pita putih.
6.Kedua tangkai daun paku tersebut melambangkan kehidupan lahir batin..
7.Dua tangkai daun paku masing-masing terdiri atas sepuluh helai daun paku dan empat belit pita putih menunjukkan tahun berdirinya Universitas Pakuan yaitu : 2 x 10 x 4 = 80 , representasi dari tahun 1980.
8.Pita putih mengikat kedua pangkal tangkai daun paku melambangkan ikatan yang suci antara semua sivitas akademika.
9.Huruf-huruf UNIVERSITAS PAKUAN yang mengelilingi motif lambang merupakan identitas pemilik lambang.
10.Dua kuntum roseta putih sebagai pelengkap huruf yang melingkar, yang memilki empat helai daun bunga melambangkan bahwa pada tahap permulaan Universitas Pakuan mempunyai empat fakultas.
11.Perisai segi lima beraturan yang hampir bulat sebagai bentuk dasar lambang melambangkan alat mempertahankan diri dan alat perjuangan harga diri, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bangsanya menganut falsafah hidup Pancasila.
12.Lambang Universitas ini mempergunakan tiga warna yang melambangkan dasar kegiatan di Perguruan Tinggi yaitu Tri Dharma, masing-masing warna tersebut adalah :
     -Warna kuning melambangkan ilmu pengetahuan, intelegensia, kebijakan dan keangungan.
     -Warna hijau melambangkan harapan hidup sejahtera dan kehidupan yang diidentikkan dengan keadaan lingkungan, kesuburan serta warna alam Bogor dan Jawa Barat.
     -Warna putih melambangkan kesucian hati yang bersih, dan pikiran yang jernih












Segitu aja kali iaa, mau tau lebih banyak tinggal klik aja link Pakuan di atas n slamat bergabung di keluarga besar UNPAK ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar